Kotak Kosong Mulai Merebak di 21 Kecamatan Se-Kabupaten Pati


Dibaca: 1136 kali 
Minggu,13 November 2016 - 21:51:11 WIB
Kotak Kosong Mulai Merebak di 21 Kecamatan Se-Kabupaten PatiGambar ilustrasi

 

PATI, FAKTAJATENG.com- Relawan Kotak kosong yang terdiri dari 21 Kecamatan Se-Kabupaten Pati mengklaim memiliki jaringan relawan untuk memenangkan kotak kosong.
 
Dalam pilkada Pati tahun 2017 ini Kabupaten Pati hanya memiliki calon tunggal sehingga ini merupakan iklim demokrasi yang tidak sehat. 
 
Itqonul selaku sekretaris dari Aliansi Kawal Demokrasi Pilkada Pati menjelaskan bahwa sebagai wadah relawan pendukung kotak kosong, beliau ingin menciptakan kondisi iklim demokrasi yang lebih baik dengan menunda pilkada 2017 dengan cara memilih kotak kosong. 
"Kami akan menunda pemenangan untuk calon tunggal pilkada Pati tahun 2017 dengan berkampanye kotak kosong dan kami sudah memiliki jaringan dari tingkat kecamatan sampai tingkat desa di seluruh wilayah Kabupaten Pati" ujar Itqonul kepada FaktaJateng.com (13/11/2016).
 
Tak hanya sekedar berkampanye, Aliansi Kawal demokrasi Kabupaten Pati juga sudah menyiapkan tim pemenangan di setiap kecamatan bahkan sampai saksi-saksi yang akan terjun di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 21 kecamatan seluruh Kabupaten Pati.  Semua relawan kotak kosong yang akan terjun sebagai saksi di TPS-TPS tersebut dengan dana sukarela atau melakukan iuran patungan untuk melakukan sosialisasi tentang kotak kosong.
 
Aliansi Kawal Demokrasi Pilkada Pati ingin membantu Komisi Pemilihan Kabupaten (KPU) Pati untuk mensosialisasikan bahwa jika tidak memiliki pilihan dengan adanya pasangan tunggal, masyarakat Pati bisa memilih kotak kosong tanpa harus memilih untuk tidak memilih sama sekali atau golput.
 
Pilkada Pati di tahun 2017 merupakan pertama kali dalam melakukan pesta demokrasi di Jawa Tengah dengan pasangan tunggal. Pasangan tunggal ini dikarenakan dari 8 partai di Kabupaten Pati yang memiliki 46 Kursi di DPRD Kabupaten Pati menjatuhkan surat rekomendasinya kepada pasangan Haryanto dan Syaiful Arifin karena dianggap pasangan ini memiliki kapasaitas dan kapabilitas yang tinggi.
Dengan adanya gerakan memilih kotak kosong ini bisa mematik mesin partai politik di Kabupaten Pati agar bisa mensukseskan calon yang sudah direkomendasikan.
 
Reporter : Suparyono
Editor : Dadang Pratama

Akses Faktajateng.com Via Mobile m.faktajateng.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERITA TERKINI
BERITA TERPOPULER
KANTOR PUSAT:
Email: redaksifaktajateng@gmail.com
DOWNLOAD APP FAKTAJATENG.COM