Forjuky Jateng Perkuat Kerjasama

Forjuky Gandeng LPM Undip Gelar Pelatihan Dasar Jurnalis.


Dibaca: 473 kali 
Minggu,12 Maret 2017 - 19:43:49 WIB
Forjuky Gandeng LPM Undip Gelar Pelatihan Dasar Jurnalis.Aryo Permana Kurniawan usai diskusi berfoto dengan pengurus LPM Warta Mahaprika/Dwi Siswanto
SEMARANG,FAKTAJATENG.com - Dalam rangka meningkatkan kemampuan dasar menulis di kalangan mahasiswa, Forum Jurnalis Komisi Yudisial (Forjuky) Jawa Tengah gandeng Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Warta Mahaprika, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, yang diadakan di gedung laboratorium kelautan Undip, Minggu (12/3/2017).
 
Dalam acara itu, narasumber yang dihadirkan adalah Ketua Umum Forjuky Jateng, M. Dasuki dan alumni Warta Mahaprika, Aryo Permana Kurniawan, dengan tamu khusus Ketua Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Kota Semarang Joko Susanto. Selama acara berlangsung peserta terlihat antusias mengikuti setiap penjelasan yang dibeberkan narasumber, bahkan beberapa dari mereka juga tampak aktif bertanya.
 
“Selain mengenal media yang menjalin kerjasama dengan LPM, mereka juga untuk bekal bagi anggota baru dalam kepengurusan LPM nanti, yang jelas ini sebagai pengenalan dasar jurnalistik," kata Pemimpin Umum LPM Warta Mahaprika, Rosida Cristina Sari di sela-sela kegiatannya.
 
Secara umum, M. Dasuki memaparkan tentang kinerja awak media dan tata tertib jurnalistik. Ia menyampaikan, mahasiswa di era modern seperti sekarang ini sangat penting belajar mengenai jurnalistik karena unjuk rasa/demonstrasi bukan solusi cerdas lagi bagi mahasiswa untuk menyampaikan aspirasi, perlunya alternatif lain lagi bagi mahasiswa untuk menyalurkan aspirasinya, yakni melalui tulisan di media.
 
"Editor tugasnya menyeleksi berita yang ditulis wartawan apakah layak diterbitkan atau tidak. Editor berhak memotong berita tetapi tidak boleh mengubah atau menyimpangkan maknanya dan faktanya di lapangan," katanya.
 
Menurutnya, dengan diadakan pelatihan jurnalistik, tentunya bisa sebagai salah satu satu solusi agar mahasiswa paham dengan dunia jurnalistik, sehingga mahasiswa bisa memanfaatkan media massa, seperti media cetak dan media online maupun televisi untuk menyalurkan aspirasi atau gagasan-gagasan mahasiswa selaku Agent Of Change. 
 
Reporter : Dwi Siswanto
Editor : Dadang DP.
 
 

Akses Faktajateng.com Via Mobile m.faktajateng.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERITA TERKINI
BERITA TERPOPULER
KANTOR PUSAT:
Email: redaksifaktajateng@gmail.com
DOWNLOAD APP FAKTAJATENG.COM