LKMM-TPD HIMA PRODI BK UPGRIS

HIMA BK UPGRIS Sukses Gelar Pelatihan Kepemimpinan


Dibaca: 368 kali 
Selasa,04 April 2017 - 08:37:49 WIB
HIMA BK UPGRIS Sukses Gelar Pelatihan KepemimpinanDr Dini Rakhmawati, MPd saat memberi pemaparan materi dihadapan peserta LKMM-TPD di Balai Transmigrasi, Pedurungan, Kota Semarang-DADANG DP.

SEMARANG,FAKTAJATENG.com-Dalam mewujudkan pengembangan diri mahasiswa, diperlukan keterampilan di bidang manajemen dan berorganisasi. Untuk itu agar proses tersebut berjalan maksimal, diharapkan agar mahasiswa tidak hanya menjadi pemimpin yang berwibawa, tetapi juga yang mempunyai kemampuan teknis yang sesuai dengan tuntutan masyarakat di masa mendatang.

Hal itu pula yang mendasari Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMA PRODI) Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) melaksanakan salah satu program kerjanya bernama, Latihan Keterampilan Managemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Pra Dasar (TPD). Dalam acara tersebut sejumlah materi dan narasumber yang dihadirkan seperti Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UPGRIS yakni, ‘Chr Argo Widhiarto, Dini Rakhmawati, Padmi Dyah Yuliyanti’, dengan meteri ‘Sifat Kritis dan Kontruktif, Keterampilan Berkomunikasi dan Pengenalan dan Pengembangan Diri’.

Selain itu narasumber lain adalah Guru SMA Negeri 1 Semarang; Tulus Wardoyo dengan materi Simulasi Sidang, alumni dari panitia; Singgih Gunawan dengan materi Leadership dan Ketua Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Kota Semarang;Joko Susanto dengan materi Keorganisasian.

Acara itu diadakan di Aula Balai Transmigrasi, Pedurungan, Kota Semarang, dengan melibatkan 112 peserta dari FIP UPGRIS, adapun tema yang diambil adalah “Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan yang Inovatif dan Bertanggungjawab Untuk Masa Depan Yang Lebih Bermakna”.

“Melalui berbagai materi tersebut, nantinya bisa didekap erat oleh para peserta dan panitia. Tujuannya agar bisa menjadi insan yang lebih sempurna atau bahkan insan yang paripurna,”kata Ketua Panitia Kegiatan, Umi Falikha disela-sela acara, Selasa (4/4/2017).

Menurutnya, banyak ragam kompetensi yang mungkin harus dikuasai namun ada core competency yang patut ditelisik dengan penuh kesungguhan sebagai bekal perjalanan panjang yang masih terbentang di depan para mahasiswa.

Hal yang pertama, lanjut mahasiswi yang akrab disapa Ikha tersebut, yakni the strong need for achievement, yakni seseorang harus mempunyai tujuan, arah hidup yang seperti apa dan bagaimana di masa depan.

“Dengan kata lain, gantungkanlah cita-citamu setinggi langit, seharusnya hal ini ditanamkan di dalam diri sendiri, maka hidup akan lebih bermakna dan teguh untuk mengukir hasil kerja terbaik,”sebutnya.

Ketua Umum HIMA PRODI BK UPGRIS, Dinar Sandi Ariestya menambahkan, orientasi tersebut nantinya akan mendorong setiap insan untuk bertanggungjawab dan berdedikasi, gigih dalam bekerja, ikhlas dalam bertindak, dan saling bekerjasama demi tercapainya tujuan dan harapan.

Adapun yang kedua, kata Dinar, Learning spirit, artinya kompetensi ini penting sebab dengan semangat untuk menambah pengetahuan yang luas, dengan keterampilan dan keahlian, mahasiswa bisa terus tumbuh berkembang, misalnya dengan mengikuti seminar, pelatihan keterampilan manajemen, penjelajahan pengetahuan secara online, rajin membaca buku, atau selalu bergairah untuk melakukan sharing pengetahuan dengan teman.

“Yang ketiga adalah Spirituality intelligence, kompetensi ini yang akan mengajak mahasiswa untuk terus bersandar pada etika moralitas, perilaku kerja yang sarat integritas, etos kerja, gotong royong dan juga guyub dengan tindakan yang penuh keluhuran,”ungkapnya.

Dalam acara tersebut juga banyak berbagai out bound seperti manusia alien, pembuatan mahkota, melatih kerjasama dan estafet air. Ada juga pentas seni antar kelompok, dan tukar kado.

 

Reporter : Dadang DP

Editor : Aryo Permana


Akses Faktajateng.com Via Mobile m.faktajateng.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERITA TERKINI
BERITA TERPOPULER
KANTOR PUSAT:
Email: redaksifaktajateng@gmail.com
DOWNLOAD APP FAKTAJATENG.COM