GMPK Kota Semarang Gelar Aksi Solidaritas

100 Lilin Solidaritas Novel dan 1000 Doa Untuk Korban Longsor Ponorogo


Dibaca: 312 kali 
Kamis,13 April 2017 - 15:14:40 WIB
100 Lilin Solidaritas Novel dan 1000 Doa Untuk Korban Longsor Ponorogo100 penyalaan lilin solidaritas Novel Baswedan dan 1000 doa untuk korban longsor Ponorogo diinisiasi oleh GMPK Kota Semarang di Tugu Muda-Dwi Siswanto

SEMARANG,FAKTAJATENG.com - Sejumlah elemen masyarakat dari Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Kota Semarang menggelar aksi solidaritas untuk penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, yang mendapat teror penyiraman air keras usai Salat Subuh. Mereka mengutuk peristiwa tersebut dan menilainya sebagai perbuatan biadab. 

Aksi solidaritas tersebut digelar di Bundaran Tugu Muda Semarang mulai pukul 19.30 WIB. Sekira 50 anggota GMPK Kota Semarang dan puluhan pengunjung yang hadir di sana menyalakan 100 lilin sebagai simbol keprihatinan atas teror yang didapat Novel Baswedan. 

Selain aksi solidaritas, dalam aksi tersebut juga dilakukan 1000 doa dan galang dana untuk korban longsor yang terjadi di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. Atas musibah itu, GMPK Kota Semarang bersama lintas organisasi dan komunitas di Kota Semarang merasa terpanggil berpartisipasi dalam aksi sosial.  Untuk doa sendiri dilakukan serempak di tujuh Kabupaten dan Kota mulai Semarang, Brebes, Purwodadi, Jepara, Purwokerto dan Kebumen.

“Untuk khusus di Kota Semarang ada aksi galang dana yang nantinya akan disumbangkan ke korban longsor Ponorogo melalui Solusi Zakat Indonesia (SZI). Adapun dana yang terkumpul dalam waktu 20 menit sekitar Rp 280ribu, uang itu begitu acara selesai langsung kami serahkan ke SZI,” Ketua Bidang Pencarian Solusi GMPK Kota Semarang, Mustholih, disela-sela aksi Rabu (12/4/2017) malam.

Mustholih juga mempersilahkan masyarakat umum apabila ingin terlibat langsung berdonasi ke SZI, kantornya di Jalan Veteran, nomor 55, Kota Semarang, nomor handphone 085103070055, atau email solusizakat@gmail.com, website www.solusizakat.com.

“SZI juga menerima sumbangan donasi langsung melalui Bank Syariah Mandiri dengan nomor rekening 7171716661 atau BNI Syariah dengan nomor rekening 5550022000 dengan donasi minimal Rp 15 ribu‎ bisa dijemput pengelola,”ungkap Mustholih yang juga kordinator lapangan.

Kordinator Orasi, M. Nastain menambahkan aksi solidaritas untuk Novel Baswedan juga diisi pembacaan puisi dan doa-doa oleh peserta.

"Kami berdoa semoga Beliau juga cepat sembuh. Kami juga prihatin atas terjadinya perbuatan penganiayaan terhadap penyidik senior KPK, Novel Baswedan," imbuh M. Nastain.

Ketua Bidang Konsultasi GMPK Kota Semarang ini juga meminta, petugas kepolisian harus segera menangkap pelaku dan menemukan aktor intelektual dari penyiraman air keras ke Novel Baswedan. 

"Kami meminta aparat penegak hukum, dalam hal ini kepolisian, dapat segera menemukan‎ pelakunya serta memprosesnya secara hukum," tandasnya. 

Nasta melanjutkan, KPK harus segera mengusut tuntas semua kasus dugaan korupsi. Pihaknya juga menyatakan, melawan bersama Novel Baswedan agar kasus-kasus korupsi bisa segera dientaskan. Pihaknya juga memberi dukungan penuh terhadap KPK untuk mengusut tuntas kasus dugaan korupsi.

“Kami minta jangan ragu dan tebang pilih dalam menetapkan tersangka dalam kasus korupsi. Sekalipun pejabat tinggi terlibat, terus sikat dan ganyang habis mafia hukum," sebutnya. 

Jalannya aksi solidaritas berjalan semarak dan penuh khidmat. Peserta aksi duduk melingkar mengelilingi 100 lilin yang dinyalakan persis di pinggir kolam Tugu Muda Semarang. 

Reporter : Dwi Siswanto

Editor : Dadang DP


Akses Faktajateng.com Via Mobile m.faktajateng.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERITA TERKINI
BERITA TERPOPULER
KANTOR PUSAT:
Email: redaksifaktajateng@gmail.com
DOWNLOAD APP FAKTAJATENG.COM